Jayapura, 11/5/2022 Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura Kembali menyapa masyarakat Papua melalui Program BMKG menyapa Bersama RRI Pro 1 Jayapura. Dalam episode kali ini BMKG mengusung topik Potensi dan Mitigasi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Wilayah Papua.

Narasumber kegiatan tersebut disampaikan oleh Dedy Irjayanto, S.Si, M.Sc selaku Sub Koordinator Bidang Pengumpulan dan Penyebaran Balai Besar MKG Wilayah V dan Nettty Y. Baru, M.Si Pegawai Stasiun Geofisika Klas 1 Jayapura. Pada kesempatan tersebut telah disampaikan Tugas dan Fungsi dari BBMKG Wilayah V dan Stasiun Geofisika Klas 1 Jayapura, Potensi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Wilayah Papua serta Mitigasi bencana tersebut sehingga diharapkan masyarakat dapat memahami apa yang harus dilakukan ketika bencana tersebut terjadi.

Masyarakat papua sangat antusias terhadap kegiatan interaktif tersebut, mereka dapat berpartisipasi dalam diskusi interaktif melalui telepon. Adapun 12 masyarakat papua yang bergabung dalam diskusi interaktif tersebut, mereka pun bertanya mulai dari potensi bencana gempabumi di wilayah mereka, bagaimana melakukan evakuasi jika berada didalam bangunan hingga bertanya bagaimana struktur bangunan yang kuat terhadap gempabumi.

Hadirnya BMKG melalui Program BMKG Menyapa ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat mengenai potensi bencana gempabumi dan tsunami sehingga masyarakat dapat melakukan evakuasi secara mandiri guna meminimalkan risiko bencana tersebut baik kerugian jiwa maupun infrastruktur dan selalu mendapatkan informasi resmi dari BMKG sehingga dapat meminimalkan informasi – informasi yang tidak dapat dipertangunggjawabkan kebenaran nya


Gempabumi

  • 11 Agu 2022, 21:53:50 WIB
  • Magnitude : 3.1
  • Kedalaman : 72 km
  • Lokasi : 1.56 LU - 98.95 BT
  • Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
  • Selengkapnya→
2.3 Magnitudo
10 Km
Kedalaman
-1.36, 133.67
Lokasi

Waktu GempaKamis, 11 Agustus 2022, 20:35:57 WIT


Lokasi Gempa48 km BaratDaya PEGUNUNGANARFAK-PAPUABRT




Saran BMKGHati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi


Selengkapnya →