Jayapura, 27/04/2022 hari ini telah dilaksanakan rapat evaluasi sandi synop stasiun meteorologi dan klimatologi di lingkungan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura. Dipimpin oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Bapak Hendro Nugroho, rapat evaluasi ini dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis dan prakirawan cuaca di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat. Diprakarsai karena masih adanya kesalahan penyandian yang terjadi selama pengamatan, Bapak Hendro mengajak para Kepala UPT dan prakirawan di daerah untuk berdiskusi apabila ada kendala atau hal-hal terkait yang menyebabkan masih adanya kesalahan-kesalahan dalam penyandian.

Selama rapat berlangsung, banyak hal yang disampaikan oleh para prakirawan cuaca di daerah mengenai hal-hal yang menjadi kendala sehingga sandi-sandi synop yang dihasilkan masih terdapat kesalahan. Selain itu, para prakirawan cuaca di daerah juga saling memberikan saran dan berbagi ilmu satu sama lain agar kedepannya kesalahan-kesalahan selama penyandian bisa lebih diminimalisir.

Dengan ada rapat evaluasi kali ini, harapannya data sandi synop yang dipertukarkan secara internasional, tidak hanya dari segi kuantitas, namun dari segi kualitas pun dapat ditingkatkan lagi menjadi lebih baik sehingga data-data yang digunakan bisa bermanfaat. 

Salam Balai V CERMAT


Gempabumi

  • 11 Agu 2022, 21:53:50 WIB
  • Magnitude : 3.1
  • Kedalaman : 72 km
  • Lokasi : 1.56 LU - 98.95 BT
  • Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
  • Selengkapnya→
2.3 Magnitudo
10 Km
Kedalaman
-1.36, 133.67
Lokasi

Waktu GempaKamis, 11 Agustus 2022, 20:35:57 WIT


Lokasi Gempa48 km BaratDaya PEGUNUNGANARFAK-PAPUABRT




Saran BMKGHati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi


Selengkapnya →