bbmkg5@bmkg.go.id (0967) 534883

BBMKG Wilayah V Jayapura Berperan Aktif Dalam Kegiatan Simulasi IOWAVE 2020

Inskal Balai5 - Dipost tanggal 2020-07-08 19:40:13



Kegiatan IOWave 2020 merupakan latihan Sistem Peringatan Dini dan Mitigasi Tsunami 2 (dua) tahunan yang diselenggarakan oleh Inter-Governmental Commision Group/Indian Ocean Tsunami Warning Mitigation System (ICG/IOTWMS) - UNESCO. Kegiatan ini berguna untuk melakukan evaluasi dan penyesuaian SOP terhadap perkembangan WRS New Generasi dan penerapan sistem mitigasi di masa pandemi serta memastikan kesiapan stakeholder dalam menerima informasi tsunami.
Pelaksanaan latihan mitigasi tsunami di Kawasan Samudera Hindia, India Ocean Wave Exercise 2020 ( IOWave20) dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2020, dengan target uji SOP sesuai kondisi pandemi Covid-19. IOWave pertama kali dilaksanakan pada Oktober 2009, dan disesuaikan dengan guideline UNESCO No. 105 yang sudah diterbitkan melalui pertemuan task team IOWave20 pada tanggal 1-2 Oktober 2019 lalu di Jakarta. berdasarkan pertemuan tersebut telah disepakati 3 skenario tsunami untuk IOWave20 yaitu Sunda Trench, Andaman Trench dan Makran Trench. 
Indonesia hanya berpartisipasi dalam skenario Sunda Trench, Selatan Jawa dengan Skenario Gempabumi menggunakan parameter gempabumi sebagai berikut M=9,1, Waktu 10:00:00 WIB atau 12:00:00 WIT Lokasi : 10.42 Lintang Selatan, 112,80 Bujur Timur atau 252 Km Tenggara Kab. Malang – Jawa Timur dengan Kedalaman 10 Km dan Berpotensi Tsunami dengan daerah terdampak Tsunami meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Maluku.
Latihan mitigasi tsunami diikuti oleh 28 negara di Samudera Hindia dan di tingkat nasional diikuti oleh 25 Provinsi yang terdiri 36 UPT BMKG terdiri dari 5 Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan Stasiun Geofisika, 123 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten atau KotaTerutama, yang terdampak berdasarkan pemodelan skenario gempa M 9,1 di Selatan Jawa, 36 Balai Besar dan Stasiun Geofisika BMKG, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Media. Sementara, 18 daerah terdampak yang dimaksudkan adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Maluku. 
Untuk Wilayah Papua dan Papua Barat kegiatan diikuti oleh BBMKG Wilayah V Jayapura, Stasiun Geofisika Klas I Jayapura, Stasiun Geofisika Klas III Nabire, Stasiun Geofisika Klas III Sorong, BPBD Provinsi Papua, BPBD Kota Jayapura, BPBD Kab. Mimika, BPBD Kabupaten Jayapura, Basarnas Jayapura, Basarnas Merauke secara daring / online.
Pelaksanaan IOWave20 tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena pelatihan tahun ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan IOWave20 harus dilakukan secara online dan sesuai dengan protokol kesehatan. 
Hasil pelatihan kegiatan ini diharapkan dapat membangun kesiap-siagaan dalam menghadapi potensi Tsunami di masa Pandemi Covid - 19,  pemahaman rantai peringatan dini dan melatih stakeholder dalam pengambilan keputusan saat terjadi bencana Tsunami.

Bagikan Artikel :

Gempabumi